More than just Travel. But also Cultures, Friendship, and Experiences

Friday 29 May 2015

Gathering Nasional Backpacker Indonesia ke-3

"Terima kasih untuk BPI Yogyakarta selaku tuan rumah dan teman-teman regional lain yang ikut memeriahkan acara. Sampai jumpa lagi di Gathnas ke-4 di Pulau Dewata."

Halaman Pura Pakualaman pagi itu mendadak ramai sekali. Banyak anak muda yang lalu lalang sambil nenteng ransel di daerah tersebut. Mereka adalah teman-teman Backpacker Indonesia yang berasal dari berbagai kota di Indonesia. Mereka berkumpul di kota Jogja untuk acara Gathering Nasional (Gathnas) ke-3 forum backpackerindonesia.com. Halaman Pura Pakualaman adalah tempat meeting point, sekaligus titik awal untuk acara Gathnas ke-3 Backpacker Indonesia.

Gathering Nasional Backpacker Indonesia Ke-3

Di Pura Pakualaman, peserta melakukan registrasi ulang dan bertemu dengan kelompok mereka masing-masing. Setelah kelompok lengkap, peserta diperbolehkan untuk memulai fun city explore. Di fun city exploriring ini, ada 5 check point yang harus didatangi peserta. Kelima tempat itu adalah Tugu Jogja, Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Plengkung Gadhing, dan Makam  Raja-Raja Mataram di Kotagede. Agar tidak tersesat, setiap peserta diberi peta kota Jogja yang dilengkapi dengan keterangan check point dan petunjuk kegiatan fun city explore. Selain itu, peserta juga diberi uang saku sebesar Rp 12.000/peserta untuk kegiatan fun city explore.

*Numpang Eksis*
We Are Backpacker Semarang!!!

“Cerita baru saja dimulai, kawan” ,begitulah menurut para peserta
Beberapa kelompok langsung memulai fun city explore. Mereka menentukan ada check point mana yang harus dikunjungi terlebih dahulu, kemudian melanjutkan ke check point selanjutnya. Ada kelompok yang memilih Tugu Jogja sebagai tujuan awal. Ada yang langsung menuju kawasan keraton Yogyakarta dan sekitarnya untuk check point pertama. Cara mereka untuk menuju kesana juga bermacam-macam. Ada yang naik bus, jalan kaki, bahkan ada yang ngeteng kendaraan lain, seperti ngeteng pick up dan motor. Cara-cara backpacker atau jalan-jalan dengan biaya semurah mungkin mereka terapkan dalam kegiatan ini. Namun tetap saja tidak menghilangkan sisi having fun-nya. Namanya juga Fun City Explore, jadi tetap harus fun khan.

Jalan Kaki Menyusuri Jalanan Kota Jogja
Jalan Kaki Menyusuri Jalanan Kota Jogja
Numpang Mobil Pick Up

Setelah seharian keliling kota Jogja, kita harus menuju kawasan Youth Center Provinsi D.I. Yogyakarta. Tempat yang digunakan untuk camping dan acara api unggun. Acara malam diawali dengan sambutan dari Koordinator BPI Yogyakarta. Kemudian dilanjutkan dengan acara perkenalan dari masing-masing regional. Acara Gathnas ke-3 diikuti oleh 15 regional, yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Malang, Solo, Semarang, Cirebon, Bali, Medan, Palembang, Makassar, Kediri, Jember, South Borneo dan Yogyakarta selaku tuan rumah. Malam itu, acara perkenalan regional dari regional Semarang diwakili oleh Kak Anggi dan Kak Farid. Mereka menyampaikan informasi tentang Backpacker Semarang. Selain itu, mereka  bercerita tentang tempat wisata yang bisa dikunjungi ketika berkunjung ke Semarang. Penampilan mereka berdua malam itu sangat menghibur. Tidak terlihat monoton dan ada interaksi dengan teman-teman dari regional lain. Mereka mendapat mereka mendapat tepuk tangan yang meriah dari semua yang hadir pada malam itu.

Pembagian Hadiah
Games Kereta Api

Acara selanjutnya adalah games outbond. Sebelum memulai gamesnya peserta dipersilahkan untuk sarapan terlebih dahulu. Games ini berlangsung selama tiga sesi games. Games berlangsung sangat seru dan meriah. Banyak peserta yang berpartisipasi dalam games-games yang diadakan panitia. Games yang diadakan membutuhkan kerjasama dan kekompakkan disetiap anggota kelompok. Bagi pemenang games berhak untuk mendapatkan souvenir dari panitia. Peserta dari Regional Semarang banyak yang  mendapatkan souvenir. Ga sia-sia sudah ikutan games. Setelah itu, acara ditutup dengan foto bersama dan saling tukar souvenir dari masing-masing regional. Baik souvenir yang berupa sticker, pin, maupun gantungan kunci.


Acara Gathering Nasional Backpacker Indonesia ke-3 di Jogja berlangsung sangat seru dan meriah. Acara memang berlangsung selama 2 hari, namun cerita dan kenangan akan membekas dalam jangka waktu yang lama. Memberi kesan manis dan mendalam kepada setiap peserta. Tidak ada kata rugi setelah mengikuti acara ini. Banyak pengalaman, cerita, dan teman baru yang kita peroleh setelah mengikuti acara ini. Terima kasih untuk BPI Yogyakarta selaku tuan rumah dan teman-teman regional lain yang ikut memeriahkan acara. Sampai jumpa lagi di Gathnas ke-4 di Pulau Dewata.

Sampai Jumpa di Gathering Nasional Ke-4 di Bali

7 comments:

  1. Seru ikut Gathnas di Jogja.. bny games dan nambah temen baru :D
    Semoga tahun depan bisa ke Bali dan ketemu d sana semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapat banyak hadiah juga :D
      sampai ketemu di gathnas selanjutnya di Bali :D

      Delete
  2. seru sekali kal dhev
    apalagi saya
    baru sampai di youth center jam 7 malam lebih bareng 8 orang dari reg lain.. hihi
    jogja memang istimewa
    BPI Semarang luar biasaaaa kakak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi punya cerita sendiri kalo sampai datang telat dan tentunya sangat berkesan.
      Terima kasih udah ikut Gathnas ke-3. sampai jumpa di Gathnas selanjutnya di Bali :D

      Delete
  3. Seru ikut Gathnas di Jogja.. bny games dan nambah temen baru :D
    Semoga tahun depan bisa ke Bali dan ketemu d sana semua

    ReplyDelete
  4. wah wah seru ya. Sukses selalu BPI Semarang :)

    ReplyDelete
  5. artikel yang sangat menarik

    ReplyDelete

We Are Backpacker Semarang

We Are Backpacker Semarang
Komunitas Backpacker Semarang merupakan sebuah komunitas travelling yang ada di kota Semarang.

Yang Sering Dibaca

Instagram @bpisemarang