More than just Travel. But also Cultures, Friendship, and Experiences

Friday 18 December 2015

Njujug Semarang, Ndaaa...!!!

Panasnya kota Semarang ternyata tidak menyulutkan semangat dan antusias para peserta dan panitia untuk memeriahkan acara Njujug Semarang, Ndaaa…!!! Acara ini diadakan dalam rangka merayakan Happy 3rd Anniversary Backpacker Semarang yang jatuh pada tanggal 27 November. Semua peserta telah berkumpul sesuai dengan tim yang sudah ditentukan. Sebelum acaranya dimulai, kak Uchup akan mem-briefing tentang petunjuk dan aturan main dalam acara ini.

Sebagian Panitia Njujug Semarang, Ndaaa...!!!

Setelah di-briefing oleh kak Uchup, setiap tim langsung memulai perjalanan sesuai dengan petunjuk yang ada di peta. Perjalanan pertama dimulai dari tempat meeting point yang berada di Masjid Baiturahman menuju Pos 1, yaitu di Eiger Store yang terletak di Jalan Brigjen Sudharto Semarang. Namun sebelum menuju pos tersebut, peserta diarahkan untuk menuju check point di Taman Pandanaran dan Taman Menteri Supeno. FYI, semua lokasi tidak disebutkan dalam peta. Setiap tim hanya diberikan petunjuk yang bisa didapatkan di setiap pos yang mereka datangi.

Sesampainya di Pos Eiger Store, setiap tim akan disambut oleh kak Erry dan kak Anggi. Mereka berdua akan memberikan tantangan berupa permainan asah otak. Untuk mendapatkan petunjuk ke pos selanjutnya, setiap tim diharuskan untuk menyelesaikan tantangan tersebut. Selain itu, mereka juga harus berfoto dengan produk yang ada di store, kemudian foto tersebut di-upload ke instagram mereka. Tidak sedikit tim yang kesulitan untuk menjawab soal-soal tersebut. Mereka memanfaatkan gadget mereka untuk mencari jawabannya. Untuk menuju pos ini, tim-tim menggunakan cara-cara yang berbeda. Ada tim yang naik angkutan umum, menumpang atau hitchhiking kendaraan lain, bahkan ada tim yang jalan kaki menuju pos ini.

Setelah di pos Eiger Store, pos selanjutnya adalah Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Semua petunjuk untuk mencapai pos ini dengan mudah dipecahkan oleh setiap tim. Untuk mencapai pos ini, hampir semua tim menggunakan cara numpang atau hitchhiking mobil pick-up. Di pos ini, ada kak Fandi dan kak Tita yang akan memandu tantangan di pos ini. Tantangan di pos ini adalah corong bola. Masing-masing anggota tim diharuskan mencari bola dengan memakai corong yang dipake diwajah peserta. Peserta nampak kesulitan untuk mencari bola tersebut. Selain ada tantangan, setiap tim juga diberikan kesempatan untuk melihat Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) dari menara masjid. Menara MAJT memiliki ketinggian 99 meter. Setelah menyelesaikan tantangan, setiap tim diberi petunjuk untuk menuju pos selanjutnya.

“Selamat datang di Pos Taman Sri Gunting”, sapa kak Ache a.k.a Raissa kepada setiap tim yang telah sampai di pos tersebut. Setelah istirahat sejenak, setiap tim akan diberi tantangan yang telah disiapkan oleh kak Raissa dan kak Nanang. Tantangannya adalah…..(*dengdeng…dengdeng*) bermain puzzle *yeaayyy. Setiap tim akan menyusun puzzle yang bergambar tempat wisata yang ada di kota Semarang. Keliatannya sih gampang, tapi banyak yang kesulitan menyusun kepingan puzzle-puzzle tersebut. Di pos ini, panitia juga menyediakan makan siang untuk semua peserta. Cuaca yang sejak tadi mendung akhirnya hujan juga. Banyak tim yang memilih untuk istirahat dulu sambil menunggu hujan reda. Namun ada tim yang sudah melanjutkan perjalanan ke pos selanjutnya setelah mereka menerima petunjuk untuk menuju pos selanjutnya.

Tantangan menyusun Puzzle

Meskipun hujan, para peserta tetap semangat untuk menyelesaikan setiap tantangan yang diberikan panitia. Seperti tim Putu Ayu, tim yang beranggotakan kak Yoko, kak Didi dan dek Atta ini sudah sampai di pos Lawang Sewu. Pos Lawang Sewu merupakan pos setelah pos Taman Sri Gunting. Di pos Lawang Sewu ada kak Tanto dan Kak Anis yang akan memberikan tantangan. Tantangannya adalah *taraa…taraaa* All About Lawang Sewu. Tantangan ini berupa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan Gedung Lawang Sewu. Setiap tim akan diberikan waktu untuk mencari jawabannya di dalam gedung Lawang Sewu. Beberapa tim meminta bantuan kepada petugas yang ada untuk mendapatkan jawaban-jawaban tersebut. Setelah menyelesaikan tantangan, setiap tim bakal mendapatkan petunjuk untuk menuju pos selanjutnya. Dimanakah pos selanjutnya?

Bertanya kepada di Gedung Lawang Sewu

Halo gaes, selamat datang di Tiongkok…!!! Eeh, maksudnya di Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu destinasi utama yang ada di Kota Semarang. Oleh karena itu, kita menjadikan klenteng ini menjadi salah satu pos diacara Njujug Semarang, Ndaaa…!!! Nah, di pos ini ada kak Alvin dan Kak Tiwi yang akan memandu selama di pos ini. Seperti pos-pos sebelumnya, di pos ini juga ada tantangannya. Tantangannya adalah mencium dan merasakan sebuah benda yang telah disediakan oleh panitia. Banyak peserta yang kaget dengan isi benda tersebut. Mereka mengira kalo benda itu adalah binatang. Padahal ga ada binatang yang diberikan. Bagi tim yang sudah menyelesaikan tantangan langsung menuju tempat camping yang telah disediakan panitia. Karena udah terlalu sore, beberapa tim langsung diarahkan untuk menuju tempat camping. Disana sudah ada panitia yang akan memandu. Sampai ketemu ditempat camping gaes..!!!

Rame-rame di Klenteng Sam Poo Kong
Menjawab tantangan di pos Klenteng Sam Poo Kong

Hitchhiking bareng (photo by Uda Faiz)

0 comments:

Post a Comment

We Are Backpacker Semarang

We Are Backpacker Semarang
Komunitas Backpacker Semarang merupakan sebuah komunitas travelling yang ada di kota Semarang.

Yang Sering Dibaca

Instagram @bpisemarang