More than just Travel. But also Cultures, Friendship, and Experiences

Friday 19 December 2014

Happy 2nd Anniversary Backpacker Semarang (Bagian I)

Happy 2nd Anniversary Backpacker Semarang

Salam Ransel!!!
Tahun ini Backpacker Semarang memasuki usia yang kedua. Kali ini acara diadakan pada tanggal 6-7 Desember 2014. Diikuti sekitar 60 orang peserta. Mereka tidak hanya berasal dari Semarang, tetapi juga dari luar kota, seperti Temanggung, Brebes, dan Bekasi. Selain itu, juga ada perwakilan dari BPI Regional Malang, BPI Regional Yogyakarta dan BPI Regional Jabotabek dan komunitas lainnya. Untuk tahun ini, acara 2nd Anniversary Backpacker Semarang memakai tema "GOJEGAN". "GOJEGAN" sendiri memiliki arti ramai atau seru-seruan. Kata "GOJEGAN" sering digunakan untuk anak-anak. Sesuai tema ini, kita ingin mengajak para peserta kembali menikmati masa anak-anak. Hal itu bisa dilihat mulai dari games, dekorasi, kostum, makanan, hingga pertunjukkan yang akan ditampilkan. Semuanya berhubungan dengan masa anak-anak yang pernah kita alami.

Sabtu, 6 Desember 2014
Bergaya dulu setelah Registrasi
Cuaca kota Semarang di hari itu kurang bersahabat. Pukul 11:00, kota Semarang mulai diguyur hujan deras.  Di beberapa jalan mulai digenangi air hujan. Hujan masih berlangsung hingga pukul 12:00. Padahal pukul 12:00 adalah rencana awal keberangkatan kita menuju tempat lokasi. Berhubung masih hujan deras, maka keberangkatan diundur hingga hujan reda. Sekitar pukul 13:00, kita mulai berangkat dari meeting point menuju villa di kawasan Bandungan. Seperti tahun lalu, tahun ini kita juga menggunakan villa. Sekitar pukul 15:00 para peserta sudah sampai di villa. Langit yang terlihat mendung masih setia menyapa kita.
Teman-teman BPI Regional Malang
Kelompok untuk Games
Sekitar pukul 16:00, para peserta dikumpulkan di halaman villa. Setelah melakukan registrasi, para peserta bersiap-siap untuk melakukan games. Namanya juga "GOJEGAN", pasti games juga ga jauh dari games masa anak-anak. Sebelum mulai games, para peserta dibagi menjadi 6 kelompok dengan anggota 6-7 orang. Games pertama adalah tebak ayam. Games ini berasal dari Cirebon. Aturan mainnya cukup mudah. Kita hanya perlu menebak siapa yang ada dibalik sarung melalui suara ayam yang dikeluarkan oleh peserta. Kelihatannya mudah, namun tidak sedikit peserta yang salah menebak. Para lawan yang ada dibalik sarung berusaha mengganti suara mereka agar tidak mudah dikenali oleh lawan mereka. Kelompok yang salah akan mendapat hukuman menggendong kelompok yang menang. Games ini seru banget, karena susah banget mengenali peserta dari suara mereka. Tak terasa waktu sudah menjelang senja. Peserta dipersilahkan untuk istirahat, sholat, makan. Dan acara dilanjutkan lagi pukul 19:00.
Games Tebak Ayam
Hukuman untuk peserta yang kalah
Malam mulai menyapa kita, namun cuaca juga masih mendung. Sesuai konsep awal, kita akan menggelar acara di halaman depan. Kita memutuskan untuk tetap menggelar acara di halaman depan dan berharap cuaca kembali cerah. Acara pun langsung dimulai. Tak selang lama, gerimis pun mulai datang. Dan akhirnya kita memutuskan untuk pindah ke dalam ruangan. Setelah selesai memindahkan perlengkapan, acara pun dilanjutkan kembali. Malam itu, hampir semua peserta memakai aksesoris sesuai tema "GOJEGAN". Dengan aksesoris ala anak-anak dan baju full color, suasana ruangan berubah menjadi ramai dan meriah. Ada peserta yang memakai kostum superhero Power Rangers yang terbuat dari kardus. Ada juga peserta yang sengaja membawa botol minum sebagai aksesoris. Ada yang mengubah penampilannya dengan cara mengucir dan mengepang rambut mereka untuk bisa tampil ala anak-anak. Bahkan ada peserta yang membawa mainan pistol dan ketapel sebagai aksesoris mereka. Penampilan mereka menarik, seolah-olah mereka kembali ke masa anak-anak. Untuk beberapa peserta yang tidak menggunakan aksesori peserta, mereka mendapatkan hukuman berupa dicoret pada wajah mereka. Hukuman untuk seru-seruan aja yaa.
Peserta yang kena hukuman
Acara malam itu dipandu oleh Tebeh dan Anggi. Acara pertama adalah sambutan dari ketua Panitia acara sekaligus Koordinator BPS yang baru, yaitu Rivai Hidayat. Acara selanjutnya pengenalan pengurus baru Backpacker Semarang dan tiup lilin oleh semua peserta. Acara mulai seru ketika video ucapan Happy 2nd Anniversary Backpacker Semarang mulai diputar. Banyak ucapan datang dari para anggota Backpacker Semarang. Foto dan video dibuat ketika mereka melakukan sebuah perjalanan. Selain itu ada video yang berasal dari perorangan dan komunitas diluar kota Semarang, seperti video dari Abex yang mengucapkan dari basecamp Gunung Himalaya yang berada diatas ketinggian 5000 mdpl, BPI Regional Jabotabek, BPI Regional Malang, Makassar Backpacker, Lombok Backpacker dan beberapa komunitas lainnya.  Dari semua video yang ada, video dari Sulis (anggota Backpacker Semarang) yang paling menarik. Karena video diambil sambil terbang paralayang di Malang. Suara jernih tanpa gangguan angin. Kado yang indah untuk 2nd Anniversary Backpacker Semarang.
Acara Tiup Lilin
Acara selanjutnya ada penampilan dari beberapa anggota Backpacker Semarang. Penampilan berupa parodi tentang tokoh atau film di jaman dulu. Penampilan pertama yaitu parodi dari film animasi Sailormoon yang dibawakan oleh Sulis, Farid, Kuspriyatna dan Uchup. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan superhero Power Rangers dan Superman yang dibawakan oleh Rio, Fandi, Adnan dan Memet. Dalam penampilan ini, si superman yang diperankan oleh Memet melompat dari lantai dua menuju ke panggung. Kemudian dilanjutkan dengan lompatan melewati meja panitia. Waah keren banget pas adegan ini dan semua terpukau dengan apa yang terjadi. Mereka semua begitu menjiwai dan tampil total dalam setiap adegannya.
Pemeran Sailormoon, Power Rangers, dan Superman
Penampilan selanjutnya masih tentang film anak-anak. Film yang sangat digemari di masa lalu. Film tersebut adalah film Amigos Sempree. Yup, film yang memiliki tokoh utama bernama Anna dan Santiago. Tokoh Anna diperankan oleh Alim yang didandani mirip wanita. Sedangkan tokoh Santiago diperankan oleh Bowo. Sedangkan yang lainnya menjadi peran pembantu. Semua menari dan bergoyang mengikuti irama musik Amigos. Semua keseruan tumpah ruah dalam suasana itu. Semua terhibur dengan penampilan mereka semua. Ini sebuah kejutan luar biasa. Terima kasih teman-teman atas semua penampilan yang kalian bawakan, kalian memang luar biasa. Penampilan mereka adalah penampilan terakhir untuk malam itu. Dan acara selanjutnya adalah acara bebas.
Para Pemeran Amigos...cheerrss!!!
Di acara bebas ini, banyak hal yang dilakukan para peserta. Ada yang mulai berbagi kopi sambil ngobrol, ada yang bermain kartu UNO atau UNO stacko. Jika ada yang kalah, maka akan dicoret menggunakan bedak. Ada mas Hanung yang berasal dari BPI Regional Yogyakarta yang mengajarkan membuat wayang suket atau rumput. Banyak yang tertarik belajar membuat wayang ini. Salah satunya Tika, peserta yang berasal dari Malang. Membuat wayang suket terlihat cukup sederhana namun butuh ketelitian. Bahan dasarnya berupa suket/rumput kering. Dan tentu saja yang ga ketinggalan pada sharing tentang tempat wisata, mulai dari pantai, gunung, kota, dan budaya. Sebuah obrolan yang menarik di kala malam mulai menyapa.

Yang ingin menonton video ucapan 2nd Anniversary Backpacker Semarang bisa dilihat disini. Kalo pengen liat koleksi video Backpacker Semarang yang lainnya, kalian bisa klik disini disini.
Jangan lupa baca kelanjutannya disini
Semarang!!!!

4 comments:

  1. acara pasti keren nie...semua tampil totalitas...nice story :)

    ditunggu bagian keduanya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Rivai.
      Ditunggu kontribusinya buat Backpacker Semarang :)

      Delete
  2. Pasti seru ini acara, sayang enggak liat infonya, jadi enggak ikut. kapan ada kopdar lagi min, salam kenal.
    #salamanransel #salamangkut #salamlestari

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru banget mas lukman :)

      Kopdar bakal dishare di grup FB Backpacker Indonesia Regional Semarang
      twitter dan instagram @bpisemarang.
      jadi jangan lupa pantengin terus infonya mas :)

      Delete

We Are Backpacker Semarang

We Are Backpacker Semarang
Komunitas Backpacker Semarang merupakan sebuah komunitas travelling yang ada di kota Semarang.

Yang Sering Dibaca

Instagram @bpisemarang