More than just Travel. But also Cultures, Friendship, and Experiences

Tuesday 9 June 2015

Talkshow Voluntourism Bareng Traveller Kaskus

"Penting untuk dicatat, bahwa yang penting dalam voluntourism adalah memberdayakan, bukan memperdaya komunitas lokal di tempat-tempat yang disinggahi. Oleh karena itu, berjalanlah dan ingat bahwa seharusnya bukan kita saja yang pantas merasakan kesenangan". (Ridho Mukti, Traveller Kaskus)

Pertumbuhan pariwisata di Indonesia yang semakin pesat memang menjadi salah satu andalan pemerintah dalam menambah pemasukan devisa negara, namun bila tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan dampak kerusakan dalam banyak aspek. Cara melakukan perjalanan yang tidak diimbangi dengan pemahaman pariwisata yang berkelanjutan merupakan faktor penting kerusakan ini. Atas dasar seperti itulah, komunitas Traveller Kaskus mengadakan sebuah acara talkshow yang bertema tentang voluntourism. Sebuah konsep yang tidak sekedar jalan-jalan atau travelling, namun juga memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Poster Acara Talkshow Voluntourism







Acara talkshow diadakan di Hotel Ibis Semarang pada tanggal 5 Juni 2015. Acara diadakan pada pukul 17:00- 22:00 WIB dan dihadiri oleh sekitar 70 orang peserta. Peserta berasal dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, umum, hingga anggota komunitas. Narasumber acara talkshow ini adalah Kak Devi dari komunitas Backpacker Semarang, kak Ridho Mukti dari komunitas Traveller Kaskus, dan Kak Barry Kusuma yang merupakan seorang Travel Photoblogger.

Para Narasumber yang Sedang Menjawab Pertanyaan

Acara talkshow dibuka oleh Kak Devi dari komunitas Backpacker Semarang. Dalam sesi ini, Kak Devi menjelaskan tentang Peran Komunitas Dalam Pengembangan Pariwisata Indonesia. Menurutnya, komunitas memiliki peranan yang sangat penting dalam pengembangan pariwisata di Indonesia. Tidak hanya komunitas travelling, namun semua komunitas termasuk komunitas fotografi, blogger, penulis, pecinta buku, musik, otomotif, dll. Bahkan kak Devi juga menekankan pentingnya seseorang untuk mengikuti sebuah komunitas. Selain menambah teman, dengan mengikuti komunitas kita juga ikut serta dalam pengembangan pariwisata di Indonesia dan bisa menghasilkan devisa atau pemasukkan untuk negara.  

Foto bareng Kak Barry Kusuma

Kemudian sesi kedua diisi oleh Kak Ridho Mukti dari komunitas Traveller Kaskus. Dalam sesi ini, Kak Ridho Mukti bercerita tentang konsep voluntourism. Sebuah konsep jalan- jalan tidak sekadar jalan-jalan atau berwisata, namun juga memberikan manfaat kepada masyarakat yang ada disekitar tempat wisata tersebut. Selain konsep voluntourism, Kak Ridho juga bercerita tentang perkembangan voluntourism. Banyak kegiatan-kegiatan voluntourism yang sudah dilakukan oleh teman-teman Traveller Kaskus dan beberapa relawan lainnya. Voluntourism bisa dilakukan secara teroganisasi atau bersama-sama dan secara individu. banyak kegiatan voluntourism yang pernah dilakukan oleh relawan dari Traveller Kaskus. Salah satunya oleh Satya Winnie.

Foto Bareng setelah Acara Talkshow

Di sesi yang ketiga atau yang terakhir diisi oleh kak Barry Kusuma. Kak Barry Kusuma merupakan seorang Travel Photoblogger. Kak Barry sering bercerita tentang keindahan Indonesia melalui foto, tulisan, video. Selain ini, Kak Barry juga memberikan tips-tips memotret sebuah event budaya. Salah satu tipsnya adalah melakukan riset, karena dengan mencari informasi kita bisa menentukan konsep, waktu dan momen sehingga bisa mendapatkan foto terbaik. 

Acara talkshow juga diisi dengan sesi tanya jawab. Pertanyaan diajukan kepada ketiga narasumber. Setiap penanya mendapatkan souvenir dari sponsor acara talkshow. Acara talkshow kemudian ditutup dengan acara foto bersama semua peserta dan para narasumber. Semoga acara talkshow bisa berjalan secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Dan semakin banyak pejalan yang memilih konsep perjalanan secara voluntourism. Your life is your message to the world, make sure it’s inspiring.

0 comments:

Post a Comment

We Are Backpacker Semarang

We Are Backpacker Semarang
Komunitas Backpacker Semarang merupakan sebuah komunitas travelling yang ada di kota Semarang.

Yang Sering Dibaca

Instagram @bpisemarang