More than just Travel. But also Cultures, Friendship, and Experiences

Wednesday 9 March 2016

Kopdar Maret - Blogging

Hai guys, udah pernah nulis catatan perjalanan di sebuah blog? Kalo belum, buruan bikin blog dan tulis semua catatan perjalananmu di blog pribadimu. Jadilah seorang travel blogger. Begitulah kata kak Mia - jejakjelata.com. Menurut kak Mia, dengan menjadi seorang travel blogger kita bisa melakukan sebuah perjalanan secara gratis dan menghasilkan uang sebagai pemasukan juga. Itu sebagian manfaat yang bisa didapat ketika kita menjadi seorang travel blogger. Tentu saja masih ada manfaat lainnya. Seperti yang disampaikan kak Mia dalam acara Kopdar Maret Backpacker Semarang.

Foto Bareng Setelah Kopdar *cheers*

Kopdar Maret Backpacker Semarang dilaksanakan pada hari Senin, 7 Maret 2016 di Gedung PIP Balaikota Semarang. Dalam kopdar kali ini, tema yang dibahas adalah Blogging. Sedangkan untuk pembicaranya adalah kak Mia Kamila. Kak Mia merupakan seorang travel blogger dengan alamat blog jejakjelata.com. Kopdar kali ini diikuti oleh sekitar 20 orang. Baik yang udah sering datang, maupun baru pertama kali ikut kopdar.

Kak Mia sedang menjelaskan materi

Dalam kesempatan ini Kak Mia tidak bercerita tentang bagaimana membuat sebuah blog, karena hal itu bisa dicari sendiri di google. Kak Mia memberikan tips bagaimana membuat sebuah konten dalam blog. Tidak hanya sebuah konten, namun konten yang bisa menarik minat pembaca untuk membaca catatan perjalanan atau artikel yang telah kita tulis. Berikut beberapa hal  yang dapat dilakukan untuk memikat pembaca untuk membaca artikel kita:
1.       Buat lead (paragraf pertama, 2-3 kalimat) yang nendang.
2.       Perkuat karakter (siapa dia, apa sifatnya, seperti apa pemikirannya, apa perannya dalam tulisan,dll)
3.       Hindari awalan yang klise
4.       Bawa pembaca ke tengah situasi cerita
5.       Buka dengan dialog yang menarik.

Kak Mia sedang menjawab pertanyaan dari peserta kopdar

Selain itu, kak Mia juga bercerita tentang manfaat yang bisa didapat ketika seseorang menjadi seorang travel blogger. Mulai dari wisata dan akomodasi gratis, disponsori sebuah brand, hingga mendapatkan uang dari karya tulisannya. Kak Mia juga menambahkan bahwa blog kita menjadi ramai dengan pembaca  bisa dilakukan dengan cara join komunitas, blog walking, share link ke media sosial, konsisten menulis dan optimalkan SEO (Search Engine Optimazation).

Banyak teman-teman Backpacker Semarang yang mengajukan pertanyaan mengenai blogging kepada kak Mia. Banyak teman-teman Backpacker Semarang yang berminat untuk menuliskan catatan perjalanan mereka ke dalam blog. Bahkan beberapa sudah memiliki blog dan selalu di-update. Seperti kak Dhevi, kak Rivai, dan kak Tebeh. Bagi teman-teman yang tidak bisa ikut kodar jangan khawatir, karena materi Kopdar Maret Backpacker Semarang bisa dibaca disini.

0 comments:

Post a Comment

We Are Backpacker Semarang

We Are Backpacker Semarang
Komunitas Backpacker Semarang merupakan sebuah komunitas travelling yang ada di kota Semarang.

Yang Sering Dibaca

Instagram @bpisemarang